Tata Bahasa かどうか (N5)

 

Penjelasan

Mengekspresikan bahwasanya sulit untuk memutuskan atau menilai sesuatu. Tatabahasa ini hampir miripnya dengan "か否か tetapi pengekspresian ini lebih terdengar lembut menggunakan " かどうか" yang mana umum nya di gunakan pada bahasa sehari-hari


Arti/Makna

  • Apakah ~ Atau Tidaknya

Rumus/Penghubung

  • Kata Kerja (Kamus/Lampau) + かどうか
  • Kata Sifat-I + (の) かどうか
  • Kata Sifat-Na + であるかどうか・なのかどうか
  • Kata Benda + であるかどうか・なのかどうか

Contoh Kalimat

  1. 人生楽しむかどうか。結局は自分次第。
    Jinsei Tanoshimu Kadouka. Kekkyoku Wa Jibun Shidai.
    Apakah Anda Menikmati Hidup Anda Atau Tidaknya, Yang Pada Akhirnya Tergantung Dari Diri Kita Sendiri.

  2. ダイエット中だけどケーキを食べるかどうかで迷ってる。
    Daietto Chuu Dakedo Keeki O Taberu Kadouka De Mayotteru.
    Saya Sedang Dalam Diet, Tapi Saya Bimbang Untuk Memakan Kue Atau Tidaknya.

  3. この服似合ってるかどうかは自分ではちょっとわからない。
    Kono Fuku Niatteru Kadouka Wa Jibun Dewa Chotto Wakaranai.
    Apakah
    Pakaian Ini Cocok Atau Tidaknya, Saya Sendiri Tidak Tahu.

  4. そのことができるかどうか試してみないと、わからない。
    Sono Koto Ga Dekiru Kadouka Tameshite Minai To, Wakaranai.
    Saya Tidak Tahu Kalau Tidak Mencoba, Apakah Saya Bisa Melakukan Itu Atau Tidaknya .

  5. 契約を更新するかどうか悩む
    Keiyaku O Koshin Suru Kadouka Nayamu.
    Saya Merasa Bersusah Hati Apakah Kontraknya Akan Diperbaharui Atau Tidaknya.

Posting Komentar

0 Komentar