Tata Bahasa ことができる (N5)

Penjelasan

Di ekspresian untuk melambangkan kemampuan atau kemungkinan. pada penggunaan bentuk negatif nya menggunakan 「~ことができない」. Namun, verba intransitif yang menyatakan keadaan seperti jatuh, menjadi, berada, dan memahami, dan verba intransitif yang memiliki subjek seperti runtuh, pecah, bersinar, dan menguap tidak ada, sehingga tidak dapat dihubungkan. 

Ungkapan seperti 「失敗したら罰ゲームを受けることができる」「Shippai Shitara Batsu Geemu O Ukeru Koto Ga Dekiru」adalah suatu yang tidak benar dan tidak dapat digunakan untuk hal-hal yang buruk. jadi pastikanlah untuk menggunakannya ke arah yang baik. 

 

Arti/Makna

  • Bisa
  • Dapat
 
Rumus/Penghubung
  • Kata Kerja (Bentuk Kamus) + ことができる
 
Contoh Kalimat
  1. 子供の頃から追いかけてきた夢を叶えることができた
    Kodomo No Koro Kara Oikakete Kita Yume O Kanau Koto Ga Dekiru.
    Saya Akhirnya Dapat Mewujudkan Impian Yang Saya Kejar Sejak Kecil .

  2. 全力を尽くした結果、合格を掴むことができた
    Zenryoku o Tsukushita Kekka, Goukaku O Tsukamu Koto Ga Dekiru.
    Saya Bisa Lulus, Setelah Berusaha Sekuat Tenaga.

  3. めちゃめちゃ寒かったですが、たくさんの流星を見ることができました
    Mechamecha Samukatta Desu Ga, Takusan No Ryuusei O Miru Koto Ga Dekiru.
    Cuacanya Sangat Dingin, Tapi Saya Dapat Melihat Banyak Bintang Jatuh.

  4. 苦労したけど、大きな壁を乗り越えることができたと思う。
    Kurou Shita Kedo, Ookina Kabe O Norikaeru Koto Ga Dekita To Omou.
    Saya Telah Terhambat, Tetapi Saya Pikir Saya Bisa Mengatasi Tembok Besar Itu.

  5. とても大きな成果を挙げることができた
    Totemo Ookina Seika O Ageru Koto Ga Dekita.
    Saya Dapat Pencapaian Hasil Yang Sangat Bagus.

Posting Komentar

0 Komentar