Tata Bahasa ので・んで (N5)

 

Penjelasan

Mengekspresikan penyebab,dan alasan secara objektif.
Dalam kasus hubungan sebab akibat dalam kontens kalimatnya banyak mengacu untuk meyakinkan seseorang.


Dan penggunaan 「なので/なんで」 juga bisa digunakan sendiri sebagai konjungsi. sedangkan 「んで」 adalah ekspresi yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari.
Dalam segi formalitas "ので" lah yang lebih formal dibandingkan "から"

 

Arti/Makna

  • Karena (Adanya suatu alasan ~), Jadi ~

 

Rumus/Penghubung

  • Kata Kerja (Kamus) + ので・んで
  • Kata Sifat-I + ので・んで
  • Kata Sifat-Na + なので・んで
  • Kata Benda+なので・んで

 

Contoh Kalimat

  1. 単調な曲なので、聞いていて眠くなる。
    Tachou na kyoku na node, kiite ite nemuku naru.
    Karena lagunya membosankan, saya jadi mengantuk saat mendengarkannya.

  2. 電車が遅れたので、今日は少し遅刻しそうです。
    Densha ga okureta node, Kyou wa sukoshi chikoku shi sou desu.
    Keretanya terlambat, jadi saya sedikit telat hari ini.

  3. 頭が痛いので、早く帰ってもいいですか。
    Atama ga itai node, Hayaku kaettemo ii desu ka.
    Kepala saya sedang sakit sekarang, jadi bolehkah saya pulang lebih awal?

  4. 熱があるんで、今日は学校を休みます。
    Netsu ga aru nde, Kyou wa gakkou o yasumi desu.
    Karena merasa demam, jadi saya tidak bersekolah hari ini.

  5. 私はベジタリアンなんで、肉は食べません。
    Watashi wa bejitarian nande, Niku wa tabemasen.
    Saya seorang vegetarion, jadi saya tidak makan daging

Posting Komentar

0 Komentar